background-attachment: fixed;

Kamis, 26 Januari 2012

Sendang Sirau dusun Ngulakan

                                                                                                                

Gambar Sendang Sirau
 Berdasarkan informasi yang diberikan oleh kepala dusun Ngulakan, Sendang Sirau sejak dahulu di pergunakan sebagai satu-satunya sumber air untuk irigasi ke lahan pertanian dan sumber air untuk kegiatan masyarakat sehari-hari. Pak Kadus Ngulakan menceritakan sejarah bahwa Sendang Sirau terbentuk ketika zaman dahulu ada seorang musafir dari Jawa Timur yang berjalan ke arah utara. Kemudian ia melihat gunung yang dikiranya aman. Lalu ia menemukan ada pohon beringin yang terdapat mata air didalamnya sehingga dijadikan kolam yang diberi nama sendang sirau. Setiap malam satu Suro dilakukan acara Sadranan yang merupakan wujud persembahan untuk leluhur zaman dahulu.
Setelah berjalan sekitar 70 m dari Sendang Sirau, di belakang rumah warga terdapat dua buah lumpang yang belum terawat yang merupakan peninggalan sejarah zaman purbakala.
Kedua lumpang peninggalan zaman purbakala tersebut sebaiknya mendapatkan perhatian khusus untuk melestarikan budaya lokal yang ada.
            Dusun Ngulakan juga memiliki potensi unggulan yang operasionalnya masih belum maksimal. Potensi tersebut berupa empat buah kolam untuk pembudidayaan ikan lele. Keberadaan empat kolam ini selaras dengan rencana program dari tim KKN desa Kedungumpul untuk meningkatkan potensi unggulan di desa Kedungumpul.

1 komentar:

  1. TEN HOT HOT ONES - Titanium Barn & Crafts
    TEN HOT ONES: A NEW TITAN HOT ONES CASINO OPEN AT TITANANO HABANERO HOT ROOM titanium curling iron AT TITANO HABANERO HOT ROOM AT TITANO polished titanium HABANERO man titanium bracelet HOT titanium frames HOT titanium bolt ROOM AT TITANO

    BalasHapus